Belajar Untuk Hidup Belajar Sepanjang Hidup Belajar Untuk Hidup Belajar Sepanjang Hidup Belajar Untuk Hidup Belajar Sepanjang Hidup Belajar Sepanjang Hidup Belajar untuk Hidup Belajar Sepanjang Hidup Belajar Untuk Hidup Belajar sepanjang hidup

Rabu, 31 Maret 2010

Sulap pengurangan


Dalam belajar matematika suatu saat kita mengalami titik kejenuhan, nah maka kita perlu namanya ice breaking. Berikut ini ice breaking yang membantu siswa juga belajar pengurangan, dan ini mudah untuk dilaksanakan. Langkah-langkah :
1. Mintalah seorang siswa menuliskan bilangan ratusan dengan syarat angka-angka pembentuk bilangan tersebut disusun dari angka terbesar ke yang terkecil (contoh : 531)
2. Kemudian buatlah birangan ratusan lain yang angka-angka pembentuknya sama dengan langkah no.1 tetapi urutan angka dari angka terkecil ke angka terbesar ( Contoh : 135)
3. Kemudian kurangkan bilangan dari langkah no.1 dgn no. 2.
4. Hasil dari pengurangan tersebut susunlah angka-angkanya dari bilangan terbesar ke terkecil.
5. Susunlah bilangan dengan angka-angka terbentuk dari langkah no. 3,tapi susunan angkanya dari angka terkecil ke yang terbesar.
6. Kemudian kurangkan bilangan hasil langkah no. 4 dengan langkah no. 5.
7. Lakukan langkah tersebut terus menerus, maka setelah beberapa langkah maka bilangan yang muncul 495 apapun bilangan ratusan pertamanya. Asik kan…!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar